Penjabat Bupati Kampar Buka dan Resmikan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan 1 Tahun 2024


RIAU
CEMERLANG.Com|
 Bangkinang,-Penjabat Bupati Kabupaten Kampar Hambali, SE, M, BA, MH, meresmikan sekaligus membuka pelatihan berbasis Kompetensi angkatan pertama tahun 2024. Peresmian itu digelar di halaman Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kampar. (21/8)


Hadir dalam acara itu diantaranya Direktur Bina Kelembagaan dan pelatihan Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia Andri Susila, ST, M.Si, Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil, SE, Kepala Balai Pengembang Ketenaga Kerjaan Bekasi, Lucia dan Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Propinsi Riau, serta peserta pelatihan, Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan  Tenaga Kerja Sisminedi dan seluruh Camat se-Kabupaten Kampar.


Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar menyampaikan kita menyadari betul bahwa tantangan zaman semakin kompleks. Untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan, kita harus terus belajar dan meningkatkan kompetensi. Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja saat ini.


Ia juga berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta. Jadikanlah pelatihan ini sebagai momentum untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan SDM yang berkualitas, saya yakin Kabupaten Kampar akan semakin maju dan sejahtera.


Ditambahkannya dengan mengikuti Balai Latihan Kerja (BLK) menawarkan lebih dari sekadar pelatihan. Dengan mengikuti program di BLK, Meningkatkan kompetensi Pelajari keterampilan terbaru dan relevan dengan kebutuhan industri selain itu manfaat lainnya memperluas jaringan Kenali banyak orang dari berbagai latar belakang.


Selain itu Hambali juga menyebutkan peserta BLK dapat mempersiapkan diri untuk karir dengan mengikuti BLK mendapatkan bekal untuk bersaing di dunia kerja yang kompetitif. Berfokus pada manfaat untuk Perusahaan yang merekrut lulusan BLK akan mendapatkan tenaga kerja berkualitas karyawan baru yang sudah siap bekerja, produktivitas meningkat, Karyawan dengan keterampilan yang sesuai.


Lebih jauh Hambali merinci Kabupaten Kampar dengan tingkat Pengangguran terbuka 3,38 % dari angkatan kerja yang berjumlah 382.551 dengan jumlah pengangguran 12.923 orang pada akhir 2023. Angka ini cukup besar diperlukan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Tenagakerja dalam pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi antara lain Keberadaan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kampar Peningkatan Kompetensi.

 

Sementara itu Kepala Balai Pengembang Ketenagakerjaan Bekasi, Lucia dalam sambutannya Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Ketenagakerjaan, mengembangkan berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja. Program-program ini dirancang untuk memastikan bahwa tenaga kerja Indonesia memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif. 


Ia menambahkan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kampar seperti kita ketahuii bersama telah dilaporkan menyediakan berbagai Jurusan pelatihan keterampilan dapat menjawab peningkatan kompetensi masyarakat Kabupaten Kampar untuk menjadi tenaga kerja. 


Tentunya Pemerintah selalu mendorong untuk peningkatan kualitas UPTD BLK kampar ini dengan melakukan revitalisasi dan peningkatan infrastruktur BLK, termasuk penyediaan peralatan pelatihan yang sesuai dengan standar industri modern. 


Hal ini untuk memastikan bahwa peserta pelatihan mendapatkan pengalaman praktis yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Untuk kedepan akan kita tingkatkan penambahan jurusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan Industri yang ada di kabupaten Kampar.


Penambahan Jurusan Pelatihan meliputi berbagai Jurusan  seperti, teknologi informasi Komputer, otomotif sepeda Motor, Menjahit, Membordir, dan kelistrikan,  serta keterampilan dasar lainnya yang dibutuhkan oleh industri.(Rls/prot-dokpim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama